Udah hampir setahun ini saya ngubek-ngubek internet buat nyari spesifkasi motor yang sekarang jadi tunggangan saya, Suzuki RK-Cool, tapi gak ketemu-ketemu. Nyari-nyari di google yang ada malah ketemu blog saya sendiri :mrgreen: Nyari pake google bahasa Thailand juga tetep gak ketemu. Tanya orang suzuki juga gak punya spesifikasi atopun buku manualnya. Aaaaaaarghhhh, akhirnya menyerah deh, pasrah saja biar gak tau spesifikasi motor tunggangan sendiri.
Tapiiii, dari komentar seorang pengunjung blog yang juga seorang Coolrider yang bilang RK-Cool itu ada 3 tipe, yaitu RK110Z, RK110SZ dan RK110SCZ. Maka dengan penasaran saya langsung nyari info dari mbah google soal tipe pertama RK110Z . Ternyata malah menunjukkan link ke sebuah trit tahun 2003 di forum serayamotor :shock: . Dari ngawur-ngawur inilah akhirnya saya dapatken spesifikasi Suzuki RK-Cool dari sebuah komentar member serayamotor yang bernama ivanov. Makasih ya om ivanov mewakili segenap Coolrider yang bingung nyari spek RK-Cool, semoga dihitung menjadi amal baik deh. :)
[caption id="attachment_1035" align="aligncenter" width="500" caption="naked RK-Cool by Bro Eka :)"][/caption]
Dan inilah dia spesifikasi / specification / spek singkat Suzuki RK-Cool (RK-110SCZ), lumayan deh daripada lumanyun :mrgreen:
MODEL : RK110SC-Z
DIMENSIONS : 670 X 1,945 X 975 MM.
DRY WEIGHT : 93 KG. 94 KG. 94.5 KG.
ENGINE TYPE : 2 STROKE AIR-COOLED
BORE X STROKE : 52.5 X 50.5 MM. 110 CC.
CABURATOR : MIKUNI VM17
START SYSTEM : KICK START
CLUTCH SYSTEM : WET
TRANSMISSION : 5 SPEED
FRONT SUSPENSION : TELECOSPIC
REAR SUSPENSION : MONOSHOCK
FRONT TIRE : 2.25-17-4PR
REAR TIRE : 2.50-17-6PR
FRONT BRAKE : DISC BRAKE
REAR BRAKE : DISC BRAKE
FUEL CAPACITY : 5 L.
Nah loooo, buat Coolrider lain yang bernasip seperti saya saat nyari-nyari spek Suzuki RK-Cool, monggo dipelajari spek standarnya, siap tau bisa jadi acuan buat nyari part kanibal yang cocok buat RK-Cool. Ato yang hobby ngorek-ngorek mesin, mungkin bisa jadi acuan buat tune-up RK-Cool.
Meski cuman spek singkat, tapi semoga tetep bermanfaat deh buat semuanya, baik Coolrider maupun bukan Coolrider buat sekedar pengetahuan aja. Monggo yang mau share komentar soal spesifikasi Suzuki RK-Cool ini :)
Salam Coolrider :)
Pertamaxxxxx kah???
BalasHapusRencana, RK-Cool nya mw dbwt jd apa setelah tahu spek standartnya?
BalasHapusKbetulan,ane jg pke Suzi tpi yg 4T.
:arrow: kalau antisipasi sparepart bagaimana mas bro? apa ada langkah "mengamankan" spare part dari sekarang? maksudnya, nyicil daripad abesok2 nyarinya susah? hehe, nimbun suku cadang gitu... antisipasi kalau rusak ke depannya... :?:
BalasHapusBisa saya mas, ya misal buat jaga2 pesen aja cadangan part mesin ke Suzuki, jadi bisa longlive pake RK-Cool..Hehehe... Sejauh ini alhamdulillah spare part masih bisa dipesen mas.., :)
BalasHapusNih, saya punya cadangan seher OS 50-nya, tadinya pengne tak jual, tapi tak pikir-pikir buat cadangan aja siapa tau besok2 susah spare part :)
Gak diapa-apain mas, biar standar aja, ini cuman buat pengetahuan aja...
BalasHapusSeoalnya selama ini banyak juga yang tanya2 spesifikasinya RK-Cool itu gimana :)
klo gak salah itu sama kayak bore-stroke smash ya?
BalasHapusSeinget saya jupiter z 52, smash 52.5, kaze 53
saya masi punya halaman test ridenya di tabloid M+ thn 2002, coba ane liat2 dulu ye.. hehehe
ehhh om sekarang harga belinya sampai berapa ya dalam kondisi layak jalan plus kelengkapan accesoris masih 100% ori semacam speedo ato lampu sein ?????
BalasHapushmm.....sip wes ketemu....tinggal beli helm full face biru....xixixi
BalasHapusGanti knalpot racing, koil/magnet/cdi pake Suzuki RM (kompor hehehe...)
BalasHapusWah, bagus tuh mas, kalo ketemu di-scanin donk mas :)
BalasHapusYen masih mulus-lus dulu di kaskus ada sing jual KM4000 hargane 9 juta :mrgreen:
BalasHapusTapi yen biasane sih pada jual 6-6,5jt kondisi bagus, ya sukur2 ada sing jual 5 juta tapi ntar mesti ono kelemahane :(
temenku sing motore dipajang iku beli 3,5 kondisi lumayan parah, pajak mati 3 taun :mrgreen:
Waduh, ini malah LPG 12 kg :shock: :mrgreen:
BalasHapusWah, lempar LPG 3kg nih :mrgreen:
BalasHapuswah, vespa super yo angel golek spesivikasine :mrgreen:
BalasHapusbro eka kie opo cah boyolali kui die?
BalasHapus:arrow: antisipasi... :mrgreen:
BalasHapusvespa-ne malah digoleki uwong... :?:
BalasHapuspunyaQ brarti dibawah harga pasaran mas.he . . .
BalasHapusSecara teknis memang RK-Cool laen dari motor bebek pada umumnya. Suspensi depan yang panjang sangat stabil di kecepatan tinggi, belum ditambah dengan monoshock belakang.
BalasHapusMemang dirancang u/ highspeed, beda banget dengan motor saya sebelumnya satria 120 thn 2003.
Meskipun karakter "start-nya" tidak segalak RX-King, tapi begitu sudah meluncur akan sulit mengejar si cool ini.
Untuk jarak pendek saya pernah adu ngebut dengan adiknya FU-150 DOHC dan lebih unggul si cool, meski pada akhirnya terlibas juga dengan "gigi 6-nya".
Secara keseluruhan (mesin, suspensi, bentuk motor, dll) saya sangat puas dengan cool ini (seolah punya motor "mini suzuki GSX-R").
Wah, ketemu sodara neh :D
BalasHapusada lagi tuh cara tau spek mesin... Dibongkar/ovrhull trus diukur per bagian.. Hehehe skalian dipasangi part racing.. Waw :D
saya seh make RU120 (kluaran awal) kawin prawan ama dia n sampe skarang :D
bro ke kpala mekanik suzuki trus copy aja buku manual servis RK cool. Disitu dipaparkan spek sampe kunci yg d butuhkan n prlakuan srvisnya. Buku manual servis pgangan mekanik bkn yg pgangan planggan.
Saya malah hubungi bagian spare part en dah dikasih part katalognya :)
BalasHapuspernah liat klo oversize pki pistonnya satria... sama persis.. tiggal pasang
BalasHapus